Menguak Makna dan Sejarah Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat

Agus Satia Negara - Selasa, 13 April 2021, 13:32 WIB

Menguak makna dan sejarah situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa BaratMenguak makna dan sejarah situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat/https://id.wikipedia.org/

FIXINDONESIA.COM - Selain kaya dengan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki beragam warisan budaya, termasuk peninggalan dari masa Megalitikum. 

Peninggalan-peninggalan ini banyak tersebar di wilayah Indonesia, tak terkecuali di Jawa Barat.

Salah satu peninggalan bersejarah dari masa Megalitikum yang ada di Jawa Barat adalah Situs Gunung Padang. Tepatnya berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat. 

Situs Gunung Padang merupakan punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Situs ini pertama kali muncul di laporan Rapporten van de Oudheid-kundigen Dienst (ROD) pada 1914. 

Kemudian, NJ Krom juga memuat situs ini dalam laporannya tahun 1949. Setelah tiga orang penduduk menemukan situs ini pada 1979, namanya semakin moncer.

Baca juga: Menilik Sejarah Lawang Sewu yang Kini Eksis sebagai Objek Wisata

Pusat Peneliti Arkeologi Nasional bersama Direktorat Sejarah dan Purbakala telah melakukan penelitian dan mengungkapkan beberapa pendapat terkait fungsi dan peran Situs Gunung Padang pada masanya dahulu.

Salah satu pendapatnya menyatakan bahwa situs ini berkaitan dengan aktivitas keagamaan. Melalui studi arkeologi etnografi, pendirian situs ini dapat dibandingkan dengan prosedur yang dilakukan komunitas Megalitik di Toraja dan Sumba. 

Editor: Agus Satia Negara

Sumber: Berbagai Sumber

tags
Artikel Rekomendasi
terkait