Mengenal Rencong: Senjata Tradisional Aceh Berukiran Kaligrafi

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 23 Juni 2021, 13:26 WIB

RencongMengenal Rencong: Senjata Tradisional Aceh Berukiran Kaligrafi /Wiki Commons

FIXINDONESIA.COM - Mengenal Rencong senjata tradisional Aceh sekaligus simbol identitas diri, keberanian, dan ketangguhan. 

Rencong adalah senjata tradisional Aceh, bentuknya menyerupai huruf L, dan bila dilihat lebih dekat bentuknya merupakan kaligrafi tulisan bismillah. Rencong termasuk dalam kategori dagger atau belati (bukan pisau ataupun pedang).

Rencong memiliki kemiripan rupa dengan keris. Panjang mata pisau rencong dapat bervariasi dari 10 cm sampai 50 cm. Matau pisau tersebut dapat berlengkung seperti keris, namun dalam banyak rencong, dapat juga lurus seperti pedang. 

Baca juga: Prabowo Adopsi Kucing dari Jalanan hingga Sering Diajak Rapat Penting, Netizen: Gemoy Banget!

Baca juga: Terancam Bangkrut Gara-Gara Covid-19? Saung Angklung Udjo Lelang 13 Barang Mulai Rp200 Ribuan

Rencong dimasukkan ke dalam sarung belati yang terbuat dari kayu, gading, tanduk, atau kadang-kadang logam perak atau emas. Dalam pembawaan, rencong diselipkan di antara sabuk di depan perut pemakai.

Rencong memiliki tingkatan, untuk raja atau sultan biasanya sarungnya terbuat dari gading dan mata pisaunya dari emas dan berukirkan sekutip ayat suci dari Alquran agama Islam. Sedangkan rencong-rencong lainnya biasanya terbuat dari tanduk kerbau ataupun kayu sebagai sarungnya, dan kuningan atau besi putih sebagai belatinya.

Baca juga: Tempat Tidur Covid-19 Penuh! Bupati Sumedang Siapkan Rumah Titirah, Tapi Hanya untuk Pasien Ini

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: BUDAYA INDONESIA

tags
Artikel Rekomendasi