Mengenal Mega Mendung: Motif Batik Khas Cirebon

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 11 Juni 2021, 15:19 WIB

MegamendungMengenal Mega Mendung: Motif Batik Khas Cirebon/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Mengenal Mega Mendung, salah satu motif batik khas Cirebon Jawa Barat yang paling terkenal di kalangan pecinta batik

Mega Mendung menggambarkan bentuk sekumpulan awan di langit. Dalam berbagai sumber sejarah disebutkan, motif ini terbentuk ketika seseorang melihat bentuk awan pada genangan air setelah hujan dan cuaca saat itu sedang mendung. 

Sehingga seseorang itu menuangkan idenya untuk menggambar awan yang telah di lihat melalui genangan air tersebut dengan bentuk awan yang bergelombang.

Baca juga: Ingin Cairkan BLT UMKM Rp1,2 Juta di BRI dan BNI? Penuhi Syarat Ini Dulu!

Baca juga: Pasukan Israel Serang Warga Palestina saat Sholat di Luar Gerbang Damaskus

Oleh sebab itu, terbentuklah motif Mega Mendung (Mega= Awan, Mendung=cuaca yang sejuk/adem) dengan warna dasar merah dan awan yang berwarna biru dengan tujuh gradasi warna sebagai warna orisinilnya yang terkenal dari Cirebon.

Arti dari motif Mega Mendung ialah awan yang muncul ketika cuaca sedang mendung. Selain arti, motif Mega Mendung juga memiliki makna atau filosofi bahwa setiap manusia harus mampu meredam amarah/emosinya dalam situasi dan kondisi apapun, dengan kata lain, hati manusia diharapkan bisa tetap ‘adem’ meskipun dalam keadaan marah, seperti halnya awan yang muncul saat cuaca mendung yang dapat menyejukkan suasana di sekitarnya. 

Kemudian makna dari warna batik Mega Mendung ini merupakan lambang dari seorang pemimpin dan awan biru sebagai sifat seorang pemimpin yang harus bisa mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpinnya. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: BUDAYA INDONESIA

tags
Artikel Rekomendasi