Mendapat Kritik dari Anggota DPR, Program Kartu Prakerja Dinilai Belum Terasa Manfaatnya

Fahrurrazi Assyar Halim - Rabu, 31 Maret 2021, 23:13 WIB

Ilustrasi Kartu PrakerjaIlustrasi Kartu Prakerja/Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Pelaksanakan program kartu prakerja dinilai belum terlihat tingkat efektifitasnya, menimbang manfaat penurunan angka pengangguran masih belum terasa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetyani, ia berpendapat bahwa pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang fantastis dalam pelaksanaan program kartu prakerja.

“Tapi seperti apa output-nya, efektivitasnya, apakah betul setelah mendapatkan pelatihan mereka bisa bangkit dari keterpurukan dampak pandemi itu juga tidak bisa diukur. Padahal kalau kita bicara angkanya itu sangat fantastis,” imbuhnya.

Kemudian ia menilai dari awal dalam proses pelaksanaan kartu prakerja sudah menuai pro kontra, pasalnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bukan merupakan lembaga pelaksana.

Baca juga: Disetujui Kemenpora dan Satgas Covid-19, PBSI Panggil 87 Atlet Perkuat Pelatnas

Netty menegaskan kepada seluruh pemangku kepentingan agar program Kartu Prakerja dapat dilakukan evaluasi secara menyeluruh. 

Menurutnya program Kartu Prakerja dan Bantuan Subsidi Usaha (BSU), ada kecenderungan bahwa program berpotensi munculkan moral hazard.

Editor: Fahrurrazi Assyar Halim

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi