Mau Cetak Sertifikat Vaksin? Simak Ini Aturannya

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 14 Agustus 2021, 13:34 WIB

contoh sertifikat vaksinasiMau Cetak Sertifikat Vaksin? Simak Ini Aturannya /fahrurrazi/sertifikat vaksinasi/dok pribadi

FIXINDONESIA.COM - Apakah Anda mau cetak sertifikat vaksin? Berikut ini penjelasan Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

Pihak Kementerian Perdagangan menyebutkan bahwa pemerintah siap menertibkan layanan jasa cetak kartu sertifikat vaksinasi. Penertiban tersebut dilakukan untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan data pribadi di kartu sertifikat vaksinasi itu. 

Sebelumnya, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Jawa Dan Bali.

Baca juga: Aturan Baru PPKM Level 4 di Jabar: Syarat Masuk Mal Harus Pakai Sertifikat Vaksin

Baca juga: Link Download Sertifikat Vaksinasi di pedulilindungi.id atau Via Aplikasi

Dalam inmendagri tersebut empat kota besar di Pulau Jawa, Kota Bandung, DKI Jakarta, Semarang, dan Surabaya, diizinkan untuk melaksanakan uji coba pembukaan secara bertahap mal atau pusat perbelanjaan di wilayah yang diberlakukan PPKM Level 4. 

Yakni dengan mengacu pada Panduan Dasar Protokol Kesehatan Pusat Perbelanjaan yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

Dalam Panduan Dasar Protokol Kesehatan Pusat Perbelanjaan itu, disebutkan masyarakat ke mal harus menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 atau kartu sudah divaksin Covid-19. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi