Masuk Mal Pakai Kartu Vaksin hingga Rencana Lepas Masker, Pengamat: Ada Kartu Vaksin Jangan Abai Prokes

Rinda Suherlina - Jumat, 13 Agustus 2021, 9:29 WIB

Guru Besar UPI sekaligus Pengamat Kebijakan Publik, Cecep DarmawanGuru Besar UPI sekaligus Pengamat Kebijakan Publik, Cecep Darmawan/Dokumentasi pribadi

FIXINDONESIA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sertifikat vaksin akan digunakan sebagai syarat untuk masuk mal. 

Hal itu ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagramnya @ridwankamil pada Selasa 10 Agustus 2021 malam.

"Pengunjung membawa kartu sudah divaksin atau surat PCR/antigen bagi yang tidak bisa divaksin karena alasan klinis," tulisnya.

Pemberlakuan aturan ini kata ia seiring dengan diperpanjangnya PPKM level 4 Jawa-Bali, 10 - 16 Agustus 2021 dengan aturan jam buka sampai dengan pukul 20. 00 WIB dengan maksimal total pengunjung 25%.

Baca juga: Bye Bye Buku Nikah, Kini Ada Kartu Nikah Digital! Begini Syarat dan Cara Membuatnya

Bahkan beberapa waktu lalu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bagi yang sudah melakukan vaksinasi bisa selamanya membuka masker.

"Jadi kalau yang sudah divaksin mungkin bisa semeja berempat, bisa selamanya buka masker, tapi yang belum vaksin mungkin harus satu meja berdua dan ditaruh di ruangan terbuka," kata Budi mencontohkan protokol kesehatan di rumah makan.

Menanggapi kebijakan yang bakal diberlakukan tersebut, Guru Besar UPI sekaligus Pengamat Kebijakan Publik, Cecep Darmawan mengatakan aturan tersebut masih perlu adanya penyesuaian.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi