Kisah Haru, Anggota Polisi di NTT Bangun Komunitas Baca Bagi Generasi Pinggiran

Rinda Suherlina - Rabu, 29 September 2021, 14:09 WIB

Brigadir Polisi (Brigpol) Eka Purnama, yang tinggal di Sumba sejak pertengahan 2017 lalu, sosok polisi berpangkat Brigadir membangun komunitas literasi.Brigadir Polisi (Brigpol) Eka Purnama, yang tinggal di Sumba sejak pertengahan 2017 lalu, sosok polisi berpangkat Brigadir membangun komunitas literasi./FIXINDONESIA.COM

FIXINDONESIA.COM - Pendidikan adalah amanat penting yang tercantum di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 

Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Dalam rangka mewujudkan hak-hak warga negara tersebut, seorang polisi, Brigadir Polisi (Brigpol) Eka Purnama, yang tinggal di Sumba sejak pertengahan 2017 lalu, sosok polisi berpangkat Brigadir membangun komunitas literasi.

Ia membangun Komunitas Rumah Baca Kopiko (Komunitas Pinggiran Kota) di Desa Tama Tana, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Baca juga: Dapatkan Bansos Hingga Rp4,4 Juta dengan Cara Ini, Jangan Lupa Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Rumah Baca tersebut dibangun oleh sang Brigpol bersama anak - anak remaja di desa nya dengan satu misi, menantang kemiskinan yang kerap menjadi penghalang bagi generasi pinggiran dalam meraih mimpi dan cita-cita.

Komunitas ini pada awalnya berkegiatan di atas padang rumput dan beratapkan langit.

Brigpol Eka Purnama yang saat ini menjadi pembina di Rumah Baca tersebut Bertugas Di Polres Sumba Barat, Polda Nusa Tenggara Timur. 

Brigpol Eka Purnama menjalin kerjasama dengan sebuah komunitas kemanusiaan yakni Komunitas Relawan Kemanusiaan Sumba ( Kareka Sumba ) demi mendapatkan buku bacaan maupun fasilitas lain dalam misi tersebut. 

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi