Kementerian Investasi Dinilai Bukan Solusi, Anis Byarwati: Hanya di Bagian Hilir Saja!

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 17 April 2021, 19:10 WIB

ekonomiKementerian Investasi Dinilai Bukan Solusi, Anis Byarwati: Hanya di Bagian Hilir Saja! /Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengungkapkan, pembentukan Kementerian Investasi bukan solusi yang tepat dalam mengatasi persoalan investasi di tanah air jika tujuan pembentukannya untuk meningkatkan investasi dan membuka lapangan kerja.

“Kalaupun direalisasikan, kementerian ini hanya akan menyelesaikan persoalan di bagian hilir investasi saja,” ungkapnya. 

Menurut Anis, data bahwa World Economic Forum (WEF) pernah merilis 16 faktor yang menjadi penghalang iklim investasi di Indonesia.

Baca juga: Siapa Pengelola TMII Sekarang? Kemenkeu Ungkap Kandidatnya

WEF menempatkan korupsi dengan skor tertinggi, yaitu sebesar 13,8 sebagai faktor utama penghambat investasi di Indonesia.

“Dari 16 faktor tersebut, korupsi menjadi kendala utama yang sangat menggangu dan merugikan. Maraknya praktik suap, gratifikasi, dan pelicin yang dilakukan sejumlah oknum, terutama dalam pengurusan perizinan, mengakibatkan sejumlah dampak serius terhadap investor,” papar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Faktor kedua yang mempengaruhi investasi di dalam negeri, lanjutnya, yaitu inefisiensi birokrasi dengan skor 11,1, akses ke pembayaran dengan skor 9,2, infrastruktur tidak merata dengan skor 8,8 dan kebijakan tidak stabil dengan skor 8,6 yang melengkapi 5 faktor utama.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Bandung untuk Ngabuburit Puasa Ramadhan 2021

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: DPR RI

tags
Artikel Rekomendasi