Kemenag Akan Lakukan Penyeleksian Jika Kuota Haji Terbatas, Ini Kriterianya

Firda Rachmawati - Senin, 12 April 2021, 21:40 WIB

Ilustrasi ibadah haji.Ilustrasi ibadah haji./PIXABAY/GLady

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) optimis pelaksanaan haji pada tahun 2021 tetap diselenggarakan meski dengan pembatasan kuota. Kemenag pun terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M sembari menunggu informasi resmi dari Arab Saudi.

“Kami masih optimis kemungkinan diselenggarakannya haji tahun ini masih terbuka,” tegas Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi dikutip FIXINDONESIA.COM, Senin 12 April 2021.

Optimisme ini berdasarkan sejumlah alasan di antaranya Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia telah melakukan vaksinasi dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19. Otoritas Arab Saudi juga telah menyatakan akan membuka penerbangan internasional pada 17 Mei 2021.

Baca juga: Cek! Ini Kendaraan yang Boleh Melintas Saat Mudik 2021

Baca juga: Diplomat AS Kritik China Terkait Penyelidikan Asal-usul Covid-19

“Situasi ini lebih positif dibandingkan tahun lalu yang menutup penerbangan luar negeri, tak terkecuali selama musim haji 2020. Oleh karenanya, seberapapun tipis kemungkinannya, kami masih tetap terus mempersiapkan penyelenggaraan haji pada tahun ini,” jelas Wamenag dilansir dari laman Kemenag.

Jika nantinya ibadah haji tahun ini diselenggarakan dengan kuota terbatas, Kemenag akan melakukan seleksi jamaah berdasarkan kriteria sebagai berikut:

1. Kuota haji dibagi secara proporsional sesuai kuota provinsi dan/atau kabupaten/kota tahun 1441H/2020M.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Kemenag

tags
Artikel Rekomendasi