Kekebalan Tubuh, Aset Berharga yang Perlu Dijaga

Agus Satia Negara - Selasa, 6 April 2021, 11:38 WIB

Ginna Megawati, dr., M.Kes (Divisi Gizi Medik Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas kedokteran Unpad)Ginna Megawati, dr., M.Kes (Divisi Gizi Medik Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas kedokteran Unpad)/Dokumentasi pribadi

Oleh: Ginna Megawati, dr., M.Kes (Divisi Gizi Medik Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas kedokteran Unpad)

FIXINDONESIA - Sejauh ini peradaban manusia sukses bertahan dan berkembang melintasi berbagai zaman dengan segala macam tantangannya. 

Salah satu kunci kesuksesan itu adalah kemampuan manusia dalam memahami berbagai macam aspek yang dapat memengaruhi kesehatannya sebagai individu maupun sebagai komunitas. 

Ilmu-ilmu di bidang kesehatan senantiasa ber-evolusi dan bahkan berkali-kali mengalami revolusi yang secara signifikan memberi dampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Baca juga: Minta Kaji Ulang Larangan Mudik, Ketua Banggar: Ini Momentum Membiasakan Rakyat Hidup Normal Baru

Pandemi ini adalah peristiwa sejarah yang melahirkan peristiwa-peristiwa bersejarah lainnya. Penemuan dan penggunaan vaksin COVID-19 menjadi yang tercepat yang pernah dilakukan manusia. 

Terjadinya pembatasan sosial dalam skala mikro, makro dan global memicu rentetan kejadian bersejarah di berbagai bidang. 

Stimulus ekonomi di banyak negara mengucur deras dalam jumlah yang fantastis, tentunya tak akan begitu besar jika tak ada pandemi. 

Editor: Agus Satia Negara

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait