Kawal Stunting dengan Machine Learning

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 22 Mei 2021, 15:25 WIB

Para Ibu Wajib Coba! Ini 5 Makanan Sehat dan Mudah untuk Bayi Satu Tahun (PART I)Para Ibu Wajib Coba! Ini 5 Makanan Sehat dan Mudah untuk Bayi Satu Tahun (PART I)/Pixabay/Pexels

Oleh: Dr dr Siti Nur Fatimah, SpGK, MS

FIXINDONESIA.COM- Stunting atau perawakan pendek merupakan salah satu topik hangat di masyarakat sebelum timbulnya badai pandemi Covid-19.

Tingginya perhatian semua pihak terhadap stunting pertama kali dicetuskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyampaikan keprihatinannya bahwa Indonesia menempati urutan ke 5 dengan jumlah balita stunting terbanyak di dunia.

Kekhawatiran ini tentu saja tidak timbul begitu saja sebagai salah satu gambaran status kesehatan bangsa yang harus segera diperbaiki. Risiko kerentanan terhadap penyakit menular dan tidak menular, komplikasi obstetri lebih tinggi sampai prediksi kemampuan kognitif lebih rendah, semua ini menjadi beban negara.

Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu aset bangsa, dimana generasi muda yang produktif dan inovatif, mampu bersaing di era global diharapkan menjadi generasi yang dapat mengubah yang memegang kendali untuk kehidupan bangsa lebih baik di masa yang akan datang.

Baca juga: Antisipasi Stunting Sejak Masa Kehamilan

Kajian Bappenas tahun 2018 menyatakan bahwa stunting dan masalah kurang gizi lain merugikan Indonesia lebih dari US$ 5 miliar per tahun, setara dengan hilangnya 2-3% dalam produk domestik bruto karena kehilangan produktivitas sebagai akibat dari standar pendidikan yang buruk dan berkurangnya kemampuan fisik.

Hal ini belum memperhitungkan prediksi kerugian akibat masalah gizi ganda lain seperti risko penyakit akibat obesitas.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi