Kabar Terbaru! Pendaftaran PPPK Guru Honorer Dilaksanakan 3 Tahap, Begini Penjelasannya

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 5 April 2021, 21:10 WIB

Simak Bocoran Tes dan Rincian Soal Ujian PPPK 2021 Bagi Guru Honorer Agar Lolos SeleksiKabar Terbaru! Pendaftaran PPPK Guru Honorer Dilaksanakan 3 Tahap, Begini Penjelasannya /@bkngoidofficial

FIXINDONESIA.COM - Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada Mei-Juni 2021 mendatang. 

Hal itu diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen. Menurutnya, pelaksanaan PPPK Guru akan dilakukan tiga tahap, yakni tahap I pada bulan Agustus 2021, tahap II pada bulan Oktober 2021 dan tahap III pada bulan Desember 2021.

Untuk persiapan proses pendaftaran PPPK Guru, Suharmen mengungkapkan, bahwa portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN akan terintegrasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) untuk integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Baca juga: Siapkan Diri Anda! Kemenag Membutuhkan PPPK Guru Madrasah dan Guru Agama Sebanyak 9.495, Ini Rinciannya

"Integrasi data selanjutnya pada pengecekan data NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan), integrasi data Akreditasi Program Studi/Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar, dan terhubung pula dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), termasuk juga data guru agama di sekolah umum secara terintegrasi," ungkapnya. 

Khusus untuk proses seleksi PPPK Guru, lanjutnya, setiap peserta diberikan batas waktu untuk mengikuti seleksi sebanyak 3 (tiga) kali. Selanjutnya, sistem seleksi akan menggunakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dari Kemdikbud. 

“Dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru ini, BKN merupakan pelaksana kebijakan yang sudah dituangkan oleh Kementerian PANRB, dengan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah 49 Tahun 2018 tentang PPPK,” tutur Suherman. 

Baca juga: Mau Daftar PNS atau PPPK? Yuk Simak Perbedaan Keduanya

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait