Jokowi Teken PP 56/2021, Wamenkumham Setujui Bentuk Tim dan Susun Regulasi Royalti Hak Cipta

Dzimar Hariz Nugraha - Rabu, 7 April 2021, 12:23 WIB

Terkait PP 56 Tahun 2021 yang diteken Presiden Jokowi,  Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej setuju untuk dibentuk tim dan disusun regulasi terkait royalti hak cipta.Terkait PP 56 Tahun 2021 yang diteken Presiden Jokowi, Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej setuju untuk dibentuk tim dan disusun regulasi terkait royalti hak cipta./Instagram.com/@eddyhiariej

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah resmi mengeluarkan peraturan Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan atau Musik pada 30 Maret 2021 lalu.

Dalam peraturan yang ditandangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut tertuang aturan pembayaran royalti kepada pencipta, pemegang hak cipta, dan atau pemilik hak terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Dilansir FIXINDONESIA.COM dari laman resmi LMKN, peraturan tersebut terbit lantaran maraknya praktek cover lagu yang saat ini dilakukan masyarakat melalui platform digital.

Hal itu disebut sangat berdampak terhadap eksistensi pencipta lagu atau para musisi, terutama terkait hak ekonomi.

Terkait hal itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej menyampaikan arahan kepada para pelaku industri musik di Aula Oemar Seno Adji, Gedung Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Baca juga: Jelang Laga Bayern vs PSG, Gnabry Dinyatakan Positif Covid-19

Dalam acara tersebut turut hadir Direktur Jenderal Kekayaan Intektual (Dirjen KI), Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Lembaga Manajemen Kolektif (LMK), perwakilan musisi, produser, dan stakeholder terkait.

Berdasarkan informasi, pertemuan tersebut membahas aspirasi dan kondisi yang dialami musisi Tanah Air terkait permasalahan regulasi musik di sektor digital.

Editor: Dzimar Hariz Nugraha

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi