Joe Biden Desak China agar Berpartisipasi dalam Penyelidikan Asal Usul Virus Corona

Firda Rachmawati - Kamis, 27 Mei 2021, 19:30 WIB

Presiden AS Joe BidenPresiden AS Joe Biden/Instagram/@potus

FIXINDONESIA.COM Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendesak China untuk berpartisipasi dalam penyelidikan tentang asal-usul virus corona.

“Saya sekarang telah meminta komunitas intelijen untuk melipatgandakan upaya mereka untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang dapat membawa kita lebih dekat ke kesimpulan yang pasti, dan melaporkan kembali kepada saya dalam 90 hari. Sebagai bagian dari laporan itu, saya telah meminta area penyelidikan lebih lanjut yang mungkin diperlukan, termasuk pertanyaan spesifik untuk China , ”kata Biden dalam sebuah pernyataan, Rabu 26 Mei 2021.

Virus corona baru pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China pada akhir 2019 dan sejak itu menyebar ke seluruh dunia, menewaskan hampir 3,5 juta orang dan menginfeksi hampir 168 juta, menurut Johns Hopkins.

Baca juga: 11 Orang Simpatisan HRS Diamankan Polisi Gegara Lakukan Hal Ini

Permintaan Biden termasuk meminta komunitas intelijen AS untuk mengeksplorasi kemungkinan yang tidak mungkin bahwa asal muasal virus dilacak ke laboratorium China. 

Setelah berbulan-bulan meminimalkan kemungkinan sebagai teori pinggiran, pemerintahan Biden menanggapi kekhawatiran domestik dan geopolitik tentang menekan China agar transparan tentang wabah tersebut.

Partai Republik, termasuk mantan presiden Donald Trump, telah mempromosikan teori bahwa virus muncul dari kecelakaan laboratorium, bukan secara alami melalui kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi.

Permintaan Biden datang beberapa hari setelah Wall Street Journal menyampaikan berita tentang laporan intelijen AS yang sebelumnya dirahasiakan tentang tiga peneliti Wuhan yang dirawat di rumah sakit dengan gejala mirip virus corona pada November 2019. Laporan tersebut meningkatkan spekulasi publik bahwa virus mulai menyebar melalui kecelakaan laboratorium.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: The Guardian

tags
Artikel Rekomendasi