Jepang Harus Pertimbangkan Kembali Pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020

Firda Rachmawati - Jumat, 16 April 2021, 12:02 WIB

Ilustrasi olimpiade TokyoIlustrasi olimpiade Tokyo/Freepik.com/alliesinteractive

FIXINDONESIA.COM - Para ahli kesehatan mengatakan bahwa Jepang harus mempertimbangkan kembali pelaksanaan Oimpiade Tokyo 2020. Hal tersebut mengingat saat ini Jepang belum mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

Olimpiade yang sudah tertunda satu tahun itu akan dimulai kurang dari 100 hari lagi.

Dalam British Medical Journal, Jepang bahkan telah menunjukkan 'kinerja yang buruk' dalam menahan penularan virus tersebut serta lambatnya pelaksanaan vaksinasi.

"Rencana untuk mengadakan pertandingan Olimpiade dan Paralimpiade musim panas ini harus dipertimbangkan kembali sebagai masalah yang mendesak," tulis penulis utama Kazuki Shimizu dari London School of Economics.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Ini Persiapan yang Dilakukan Polri dan Pemda

"Mengadakan Tokyo 2020 untuk tujuan politik dan ekonomi domestik - mengabaikan kepentingan ilmiah dan moral - , hal ini bertentangan dengan komitmen Jepang terhadap kesehatan global dan keamanan manusia."

Komentar tersebut menambah keraguan di antara para profesional medis bahwa Olimpiade dapat dilaksanakan dengan aman musim panas ini. Sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 dokter Jepang bulan lalu menunjukkan bahwa 75% percaya lebih baik menunda Olimpiade, menurut perusahaan rujukan dokter Ishinotomo.

Profesor Universitas Kyoto, Hiroshi Nishiura, seorang penasihat respon pandemi pemerintah, mendesak dalam komentar majalah minggu ini bahwa pihak berwenang menunda Olimpiade satu tahun untuk memberikan lebih banyak waktu untuk memvaksinasi publik.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Reuters

tags
Artikel Rekomendasi