Jelang Ramadhan 2021, Ini Harga Kebutuhan Pokok di Jawa Barat: Cabai, Minyak hingga Daging

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 6 April 2021, 16:47 WIB

Ilustrasi Pasar KosambiIlustrasi Jelang Ramadhan 2021, Ini Harga Kebutuhan Pokok di Jawa Barat: Cabai, Minyak hingga Daging/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar M. Arifin Soedjayana mengungkapkan, harga barang kebutuhan pokok tetap stabil menjelang bulan Ramadhan. 

Menurutnya, stabilitas harga di Jabar itu dipengaruhi dengan stok barang kebutuhan pokok yang aman dan terkendali.

Sementara itu, harga cabai rawit masih terpantau fluktuasi dan diyakini akan kembali stabil saat panen raya tiba pada Bulan April dan Mei 2021.

Baca juga: Kekebalan Tubuh, Aset Berharga yang Perlu Dijaga

"Yang sedikit terganggu adalah cabai rawit. Stok sedikit berkurang, tapi masih tersedia. Bahan pokok lain, dari hasil pemantauan, stok dan harga masih aman," ungkapnya. 

Menurut data pantauan Disperindag Jabar dari lima pasar, yakni Pasar Kosambi, Pasar Sederhana, Pasar Kiaracondong, dan Pasar Baru pada minggu ketiga Maret 2021, harga beras berkisar Rp 9.800 hingga Rp 13 ribu per kilogram (kg).

Harga minyak goreng berkisar Rp 12.833 hingga Rp 14.700 per liter. Harga gula pasir dalam negeri mencapai Rp 13.400. Harga daging sapi rata-rata sekitar Rp 120 ribu,- per kg, sedangkan harga daging ayam broiler mencapai Rp 36.320. 

Meski harga stabil dan tidak ada kelangkaan, kata Arifin, pemantauan dan pelaporan harga barang kebutuhan  pokok akan intens dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis Kementerian Perdagangan tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Harga. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Disperindag Jabar

tags
Artikel Rekomendasi
terkait