Jeger, KPID Jabar Desak KPI Pusat Tegur MNC TV Ihwal Pernikahan Ryan dan Ricis

Rinda Suherlina - Senin, 27 September 2021, 18:13 WIB

Ria Ricis dan Teuku Ryan.Ria Ricis dan Teuku Ryan./Instagram

FIXINDONESIA.COM - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (KPID Jabar) mendesak KPI Pusat menegur secara tertulis MNC TV karena menyalahgunakan frekuensi publik untuk kepentingan non-publik dalam bentuk tayangan pernikahan Tengku Ryan dan Ria Ricis.

Tayangan pernikahan itu dilakukan secara live alias langsung pada Kamis 23 September 2021 dalam  program acara Halaqah Cinta Ryan Ricis pada jam 12.30.08 sampai dengan 16.17.43 WIB atau dengan total durasi 167 menit atau hampir tiga jam.

“Tayangan prosesi lamaran selebriti di MNC TV Ryan-Ricis menurut KPID Jabar nyata-nyata telah mengabaikan ketentuan pasal 11 ayat 1 dan 13 ayat 2 Standar Program Siaran (SPS),” kata Ketua KPID Jawa Barat Dr. Adiyana Slamet, dalam rapat Pleno Senin 27 September 2021.

Baca juga: Link Live Streaming Persib vs Tira Persikabo BRI Liga 1 2021 Malam Ini

Pasal 11 ayat 1 yang menyatakan: Program siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.  Ayat 2 menyatakan: Program siaran dilarang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi pemilik lembaga penyiaran bersangkutan dan/atau kelompoknya.

Pasal 13 ayat 2 menyatakan: “Program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tidak boleh menjadi materi yang  ditampilkan dan/atau disajikan dalam seluruh isi mata acara, kecuali demi kepentingan publik.”

Bagi KPID Jawa Barat surat teguran tertulis selama ini berulang kali dilayangkan karena hingga saat ini lembaga penyiaran banyak menggunakan frekuensi publik untuk tayangan yang tidak ada urusannya dengan kepentingan publik, dan hal itu termasuk pelanggaran P3SPS. 

Baca juga: Flashback Duel Persib vs Persikabo di Delapan Laga Terakhir, Siapa Lebih Unggul?

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi