Jadi Provinsi Tertinggi Kasus Covid-19, Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah Jabar

Firda Rachmawati - Sabtu, 29 Mei 2021, 16:40 WIB

Ilustrasi: Pemerintah resmi mengonfirmasi dua kasus mutasi virus Covid-19 dengan kode B117, DPR desak pemerintah lakukan langkah preventifIlustrasi:Covid-19/Arek Socha/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Pada Jumat 28 Mei 2021, Jawa Barat menjadi provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi se-Indonesia.

Menurut ahli kesehatan dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Indah Amelia yang perlu dilakukan Pemerintah Jawa Barat ialah pencegahan baik pencegahan primer, sekunder maupun tersier.

"Primer, yaitu pencegahan sebelum kasus terjadi, sekunder, yaitu pencegahan setelah sudah ada kasus agar tidak menyebar, dan tersier, yaitu mencegah terjadinya kasus yang berat hingga kematian," tutur Indah kepada FIXINDONESIA.COM, Sabtu 29 Mei 2021.

Baca juga: Dijamin Hempas! Begini Cara Menghilangkan Komedo dengan Jus Lemon

Lebih lanjut, Indah menuturkan program pencegahan primer seperti edukasi ke masyarakat dan rekayasa lingkungan seperti PSBB Proposional perlu terus dilakukan.

"Kegiatan 3T terutama Testing (pemeriksaan) dan Tracking (pelacakan kasus) harus selalu dijalankan dengan konsisten," jelasnya.

Indah mengatakan, pemerintah perlu tetap memprioritaskan kedua hal tersebut di tengah program vaksinasi yang kini masih dilaksanakan.

Selain itu, terkait pusat keramaian yang berpotensi kerumunan, menurutnya, pemerintah perlu melakukan investigasi sebelum menetapkan kebijakan.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi