Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Dia Rekam Jejak Karir Andika Perkasa

Rinda Suherlina - Kamis, 4 November 2021, 11:03 WIB

Profil Jenderal TNI Andika Perkasa Menantu Mantan Kepala BIN, Calon Panglima TNI Pilihan JokowiJadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Dia Rekam Jejak Karir Andika Perkasa/Instagram

FIXINDONESIA.COM- Jenderal TNI Andika Perkasa diajukan sebagai calon tunggal ke DPR-RI untuk menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi melalui surat keputusan presiden.

Andika mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah  (Kopassus) selama 12 tahun.

Setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) dan Mabes TNI-AD, ia kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama. 

Baca juga: Profil Jenderal TNI Andika Perkasa Menantu Mantan Kepala BIN, Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

Baca juga: Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Jangan Kaget! Andika Perkasa Punya Harta Rp179,9 Miliar

Jenderal TNI Andika Perkasa menempuh pendidikan tinggi Strata-1 (Sarjana Ekonomi) di dalam negeri dan meraih 3 gelar akademik Strata-2 (M.A., M.Sc., M.Phil) serta 1 gelar akademik Strata-3 (Ph.D) dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat.

Jabatan Andika Perkasa sebelumnya yakni sebagai perwira menengah (pamen) pada kepangkatan Kolonel (Inf.) pada Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, lalu sebagai Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, kemudian sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga,Provinsi Sumatra Utara.

Ia mendapatkan promosi ke jabatan perwira tinggi (pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad), Jakarta pada tanggal 25 November 2013 berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi