Innalillahi, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Hingga Tiga Kali

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 13 April 2021, 22:20 WIB

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran pada Selasa, 13 April 2021.Innalillahi, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Hingga Tiga Kali /Twitter/BPPTKG

FIXINDONESIA.COM - Gunung Merapi di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilaporkan tiga kali meluncurkan awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur paling jauh hingga 1,8 km. 

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengungkapkan, gunung merapi meluncurkan air panas itu terjadi hari ini, Selasa 13 April 2021. 

Adapun Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran pertama pada pukul 02.35 WIB dini hari. Sementara itu, awan panas guguran tersebut tercatat di seismogram beramplitudo 13 mm dan terjadi selama 92 detik. Jarak luncur 1.300 meter ke arah barat daya.

Baca juga: Keren, Ada Kelas Bahasa dan Kebudayaan Indonesia di AS, Pesertanya Luar Biasa!

“Awan panas guguran kembali terpantau pada pukul 04.28 WIB dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah barat daya memiliki amplitudo 23 meter dan berlangsung selama 80 detik,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Hanik menjelaskan, awan panas guguran ketiga meluncur dari Gunung Merapi dengan jarak sejauh 1.800 meter ke arah barat daya mempunyai amplitudo 46 mm dan terjadi selama 112 detik pada pukul 04.47 WIB. 

Baca juga: Menguak Makna dan Sejarah Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat

Diketahui, BPPTKG masih mempertahankan status aktivitas Gunung Merapi pada Level III (Siaga).

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi