Innalillahi, Bangladesh Diterpa Banjir Bandang Berhari-hari

Siti Resa Mutoharoh - Rabu, 28 Juli 2021, 20:00 WIB

Ilustrasi BanjirIlustrasi Innalillahi, Bangladesh Diterpa Banjir Bandang Berhari-hari/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Banjir bandang melanda pengungsian orang Rohingya, yakni di Bangladesh. Dikabarkan, banjir bandang yang diakibatkan oleh hujan muson ini sudah terjadi berhari-hari. 

“Banjir menghanyutkan ratusan tenda darurat kami terutama di kamp pengungsi Balukhali. Kini ribuan orang kehilangan tempat tinggal,” ujar pengungsi Rohingya, Jalal Ahmed.

Menurutnya, sebagian besar pengungsi telah dievakuasi ke sejumlah tempat penampungan yang dikelola oleh lembaga bantuan internasional dan LSM, sementara sebagian lainnya berlindung di tenda kerabat terdekat.

Baca juga: Duh, Sekum Muhammadiyah Sebut Sistem Pemerintahan Indonesia Belum Akomodir Suara Minoritas

Baca juga: Segera Lakukan Ini Jika Kartu Debit atau Kredit Mandiri Hilang

Setidaknya delapan orang Rohingya tewas pada Selasa karena tertimbun tanah longsor di kamp pengungsi Balukhali di distrik Cox's Bazar Selatan, sementara beberapa lainnya terluka.

“Hampir setiap tahun kami menghadapi hujan lebat dan banjir di kamp-kamp. Kami membutuhkan solusi permanen,” ungkap Sobeda Khatun, pengungsi Rohingya yang juga kehilangan tempat tinggal karena banjir.

Otoritas pengungsi Bangladesh mengatakan mereka belum bisa mengonfirmasi berapa banyak pengungsi Rohingya yang kehilangan tempat tinggal karena hujan masih berlangsung.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Anadolu Agency

tags
Artikel Rekomendasi