Inisiatif Orang Afganistan Dirikan NU untuk Perdamaian hingga Pentingnya Pengakuan dari Indonesia

Rinda Suherlina - Kamis, 19 Agustus 2021, 17:20 WIB

AfganistanAfganistan/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - Konflik dan perang saudara yang tak pernah usai menjadi pil pahit bagi para ulama di Afghanistan.

Pada akhirnya kini kelompok Taliban berhasil kembali menguasai negara setelah terakhir berkuasa pada 2001 sebelum diserbu pasukan AS dan NATO.

Orang-orang Afganistan berinisiatif mendirikan Nahdlatul Ulama setelah para pemimpin kelompok yang berseteru di di Afghanistan dipertemukan pada 2011.

Pada waktu itu, orang-orang yang terlibat dalam pertemuan sangat terinspirasi dengan inisiatif NU sehingga mereka ngotot untuk mendirikan NU Afghanistan (NUA) sendiri.

Baca juga: Afghanistan Dikuasai Taliban, Kemana Perginya Para Tentara?

Dikutip dari laman resmi NU, para pimpinan kelompok di Afganistan itu menilai NU sebagai organisasi Islam terbesar dapat merawat masyarakat Indonesia yang terdiri dari ratusan suku untuk senantiasa berdamai dan bersatu.

Namun, menurut Katib ‘Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf proses penyemaian perdamaian berjalan lambat karena ego sektoral dari pemimpin-pemimpin kelompok di Afghanistan.

“Perdamaian itu bertentangan dengan kekuatan-kekuatan besar yang memiliki kepentingan di Afghanistan, maka proses ini kemudian dijegal-jegal,” ungkap Gus Yahya yang aktif melakukan perundingan damai di sejumlah negara.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi