Inilah Alasan Mengapa Pola Tidur Berubah Saat Memasuki Lanjut Usia

Firda Rachmawati - Minggu, 6 Juni 2021, 11:40 WIB

Ilustrasi kakek yang sedang tidurIlustrasi kakek yang sedang tidur/Pixabay/PublicDomainPictures

FIXINDONESIA.COM - Selain rambut memutih, pola tidur seseorang juga berubah seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang, seiring bertambahnya usia, mereka juga mengalami kesulitan tidur.

Merupakan hal yang umum saat seseorang bangun terlalu dini atau bangun di tengah malam rata-rata hingga tiga atau empat kali.

Alasannya bisa beragam, seperti cemas, buang air atau tak nyaman karena mengalami penyakit kronis. 

Baca juga: Ini Jumlah Waktu yang Tepat Berolahraga untuk Tingkatkan kesehatan otak

Menurut National Sleep Foundation, seperti dilansir dari Medical Daily, terjadi penurunan secara keseluruhan pada REM atau gerakan mata yang cepat karena orang secara alami cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap-tahap tidur yang lebih ringan seiring bertambahnya usia.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa pengobatan juga merupakan faktor penyebab. Secara khusus, obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah atau mengobati kanker dan depresi mungkin berdampak pada kualitas tidur.

"Ketika orang lanjut usia mengeluh insomnia, penting untuk menilai kondisi medis yang dapat diobati dan penggunaan obat yang mungkin menyebabkan insomnia," kata para peneliti dari Universitas Kedokteran Dokkyo di Jepang. 

Baca juga: Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Rambut Rontok, Begini Penjelasannya!

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: Medical Daily

tags
Artikel Rekomendasi