Ini yang Dilakukan BPJS Kesehatan Usai Heboh Dugaan Kebocoran Data Peserta

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 25 Mei 2021, 9:27 WIB

279 data penduduk Indonesia bocorIni yang Dilakukan BPJS Kesehatan Usai Heboh Dugaan Kebocoran Data Peserta/Tangkapan layar/cuitan/Twitter/@ndagels

FIXINDONESIA.COM - Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim khusus yang akan bekerja untuk menangani dan mendalami terkait dugaan kebocoran data di lembaga pemerintah nonkementerian tersebut. 

“Saat ini kami sedang melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memastikan apakah data tersebut berasal dari BPJS Kesehatan atau bukan. Kami sudah mengerahkan tim khusus untuk sesegera mungkin melacak dan menemukan sumbernya,” ungkap Iqbal dalam keterangannya. 

Sementara itu, Dirut BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengklarifikasi kepada Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri).

Baca juga: Netizen Serang Menko PMK Usai Minta Masyarakat Tak Berlebihan Bela Palestina: Jangan Berlebihan Izinkan TKA China

Baca juga: Indonesia vs Afghanistan: Pelatih Shin Tae-yong Beberkan Taktik Timnas Menangkan Pertandingan

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan keterangan Kominfo baru-baru ini, disebutkan bahwa kebocoran data tersebut diduga kuat merupakan milik BPJS Kesehatan.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa sampel data diduga kuat identik dengan data BPJS Kesehatan," ungkap Juru Bicara Dedy Permadi.

Menurut Dedy, hal ini berdasarkan struktur data yang terdiri dari Nomor Kartu, Kode Kantor, Data Keluarga/Data Tanggungan, serta status Pembayaran yang identik dengan data BPJS Kesehatan

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenkop UKM

tags
Artikel Rekomendasi