Ini Nih Aturan PPKM Level 4 untuk Pasar Sembako, Warung Makan, Bengkel dan UMKM

Siti Resa Mutoharoh - Minggu, 25 Juli 2021, 20:36 WIB

Ilustrasi PasarIlustrasi Ini Nih Aturan PPKM Level 4 untuk Pasar Sembako, Warung Makan, Bengkel dan UMKM /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Presiden Jokowi memberikan pernyataan terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Jokowi mengatakan, level 4 resmi diperpanjang mulai dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. 

Sejumlah aturan baru pun diberlakukan di masa PPKM Level 4, mulai dari pasar sembako,  toko kelontong, warung makan, bengkel dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lainnya. 

Baca juga: Pedagang Kaki Lima Wajib Tahu Nih, Ini Aturan PPKM Level 4

Baca juga: FIX! PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus, Tapi Ini Aturan Barunya

Menurut Jokowi, pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kemudian, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah," jelasnya saat konferensi pers virtual hari ini, Minggu 25 Juli 2021. 

Untuk pedagang kaki lima, lanjut Jokowi, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: BPMI

tags
Artikel Rekomendasi