Ini Isi Lengkap Putusan MA Mengenai Gugatan AD/ART Partai Demokrat, Jubir MA: Permohonan Tidak Dapat Diterima

Inggit Anjani Eka Putri - Kamis, 11 November 2021, 15:59 WIB

Ilustrasi gedung Mahkamah Agung (MA)Ilustrasi gedung Mahkamah Agung (MA)/Tangkapan layar/mahkamahagung.go.id

FIXINDONESIA.COM - Ini Dia Putusan MA Soal Gugatan AD/ART Partai Demokrat. Kuasa hukum kader Demokrat Yusril Ihza Mahendra mengajukan hak uji materi kubu Moeldoko.

Putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai uji formil dan materil Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Demokrat, telah ditanggapi oleh kuasa hukum Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Bambang Widjojanto.

Dalam keterangannya MA menyatakan, permohoman yang diajukan oleh kubu Moeldoko tidak dapat diterima atau niet onvanklijke verklaard karena AD dan ART partai bukanlah peraturan perundang-undangan yang berlaku umum. 

Baca juga: Menohok! Tanggapan AHY Usai Gugatan Kubu Moeldoko Ditolak MA

Baca juga: Innalillahi, Keluarga AHY Ada yang Meninggal Dunia

MA mengatakan, Partai Politik atau Parpol bukanlah lembaga negara. Maka dari itu, MA menyatakan tidak berwenang menguji AD dan ART Parpol manapun.

Sementara itu, Andi Samsan Nganro selaku juru bicara MA menyatakan, permohonnan keberatan tersebut tidak dapat diterima.

"Menyatakan permohonan keberatan HUM dari Para Pemohon tidak dapat diterima," ujar Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro, dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 November 2021.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi