Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ibadah Haji Menurut MUI

Wiena Amalia Salsabilla | Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 30 April 2021, 13:20 WIB

ibadah hajiIni Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ibadah Haji Menurut MUI /Pixabay/adliwahid

FIXINDONESIA.COM - Ibadah haji adalah ibadah yang sangat dinanti-nanti umat islam. Namun, ditengah pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan ibadah haji mendapat banyak hambatan lantaran berpotensi menyebarkan virus Covid-19. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan pemerintah untuk mempertimbangkan berbagai aspek dengan seksama sebelum memberangkatkan jemaah haji Indonesia di masa pandemi. 

Aspek utama yang perlu menjadi pertimbangan pemerintah saat ini salah satunya adalah keselamatan jiwa jemaah serta risiko penularan covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am.

Baca juga: Sambangi Keluarga Prajurit Nanggala 402, Jokowi Siap Lakukan Hal Berikut Ini

“Dalam konteks ibadah haji, sekalipun pemerintah Arab saudi membuka haji dan Indonesia mendapatkan porsi namun harus diperhatikan potensi yang menularkan atau tidak. Negara boleh memberikan pembatasan serta meminimalisirkan kontak,” ujar Ni’am saat menyampaikan materi secara daring terkait Istitha’ah Haji di Masa Pandemi dalam Bahtsul Masail Perhajian, di Ciawi, Bogor, 28 April 2021. 

Menurut Ni’am, pembuatan kebijakan tersebut merupakan tanggung pemerintah. Oleh karena itu, dalam kebijakan perlu dipertimbagkan indikator kesehatan dengan ahli yang memiliki kompetensi, profesionalitas, dan kredibilitas.

“Kalau seandainya pun Saudi membuka haji untuk Indonesia tetapi menurut pendekatan kesehatan potensi tinggi terhadap penularan dan mutasi virus lebih ganas misalnya, maka kita tidak boleh memaksakan penyelenggaraan haji. Biarkan regulasi istithaah yang diterapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama,” lanjut Ni’am.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi