Ini Alasan BMKG Sebut Cuaca Tahun Ini Didominasi Hujan

Siti Resa Mutoharoh - Sabtu, 22 Mei 2021, 13:10 WIB

Ilustrasi HujanIlustrasi Ini Alasan BMKG Sebut Cuaca Tahun Ini Didominasi Hujan /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Tahun 2021 ini diprediksi akan didominasi oleh cuaca hujan. Hal itu diungkapkan  BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui Stasiun Meteorologi Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Citeko, Fatuhri Syabani mengungkapkan, dominasi cuaca hujan itu terjadi pada tahun ini merupakan akibat dari Fenomena La Nina.

"Cuaca hujan memang agak lebih panjang tahun ini. Udara lapisan atmosfer di atas (udara) ini masih lembab uap airnya," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Citeko, Fatuhri Syabani. 

Baca jugaRamalan Zodiak Hari Ini, Leo dan Virgo: Sabtu 22 Mei 2021

Baca jugaTerkuak! Ternyata Kiai NU Alumni Pesantren Tebuireng Ini Sosok Pendiri OKI

Menurut Fatuhri, kemarau yang seharusnya berlangsung di bulan Mei atau awal Juni, tahun ini diprediksi mundur yaitu akhir Juni. Sehingga berlangsungnya kemarau diprediksi hanya sebentar.

"Kemarau bisa dikatakan agak mundur, bisa Juni pertengahan atau akhir," jelasnya. 

Lebih lanjut menjelaskan, efek dari Fenomena La Nina menyebabkan permukaan laut di sekitar Indonesia masih hangat. Sehingga kandungan uap airnya masih banyak di udara.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News | BMKG

tags
Artikel Rekomendasi