Info Pencairan Bansos PPKM Level 4: BST, BPNT dan PKH dari Kementerian Sosial

Rinda Suherlina - Selasa, 27 Juli 2021, 12:30 WIB

Ilustrasi: Khusus penerima Bantuan Kartu Sembako, manfaatkan dana BPNTIlustrasi: /Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, pemerintah terus meningkatkan dan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Mensos dalam keterangan pers bersama, Senin 26 Juli 2021 siang, di Kantor Presiden, Jakarta.

“Kondisi normal, pemerintah memberikan dua jenis bantuan yang dikelola oleh Kementerian Sosial di luar kementerian yang lain, yaitu BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako yang melalui e-warung dan PKH (Program Keluarga Harapan). Kemudian pada saat COVID-19, maka pemerintah menurunkan Bantuan Sosial Tunai,” ujar Risma.

Mensos menyampaikan, dari enam bulan yang ditargetkan, pemerintah telah menyalurkan BST untuk periode Januari-April, dengan nominal Rp300 ribu per bulan per KPM.

Baca juga: Kalahkan Peringkat 1 Dunia, Greysia/Apriyani Jadi Juara Grup A Usai Lawan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Sedangkan, BST untuk periode Mei-Juni 2021 disalurkan pada bulan Juli ini. Sementara itu, BPNT dan PKH diberikan secara beriringan.

Sebagian besar Keluarga Penerima Manfaat (PKM) PKH juga merupakan keluarga penerima BPNT.

Mensos menyampaikan, pemerintah juga menambah alokasi untuk BNPT, yang sebelumnya diberikan selama 12 bulan ditambahkan dua bulan untuk periode Juli-Agustus.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi