Info Pencairan Bansos PPKM Darurat: BST, BPNT, dan PKH Lengkap dengan Daftar Bantuan yang Cair dari Pemda

Rinda Suherlina - Minggu, 1 Agustus 2021, 9:34 WIB

Mensos Tri Rismaharini.Mensos Tri Rismaharini./Instagram.com/@kemensosri

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah sudah menyalurkan bantuan sosial atau bansos PPKM sejak awal Juli 2021.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan bansos yang sudah cair berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), maupun Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) sudah mulai disalurkan sejak awal Juli.

“Perlu kami sampaikan, bahwa untuk PKH, BST, dan BPNT itu sudah mulai disalurkan sejak awal bulan Juli,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Namun Mensos mengakui, masih terdapat sejumlah kendala dalam penyaluran bantuan tersebut.

Baca juga7 Golongan yang Bisa Dapat Bansos PKH 2021 di Masa PPKM, Rp3 Juta untuk Ibu Hamil

Salah satunya adalah karena penerima bantuan telah berpindah alamat tempat tinggal sehingga perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Memang masih belum selesai, karena ada yang kemarin sempat ditahan. Ternyata lapor ke saya, ‘saya kok enggak terima’, ternyata pindah dia tanpa memberitahu Pak RT, sehingga kita juga sempat hentikan. Kita harus cek dulu dengan data kita kenapa mereka tidak terima,” ujarnya.

Selain itu, bantuan Kartu Sembako atau BPNT yang disalurkan juga belum mencapai target sasaran sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) karena adanya perubahan data yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi