ICW: Lili Pintauli Siregar Harus Mundur dari KPK

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 31 Agustus 2021, 10:19 WIB

ICW: Lili Pintauli Siregar Harus Mengundurkan Diri dari KPKICW: Lili Pintauli Siregar Harus Mengundurkan Diri dari KPK/Tangkapan layar Youtube KPK

FIXINDONESIA.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai  hukuman atas kasus Lili Pintauli Siregar terbilang ringan. 

Diketahui, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar dijatuhi hukuman atas kasus pelanggaran etik. Pelanggaran yang ia lakukan adalah menyalahgunakan pengaruh selaku komisioner untuk kepentingan pribadi dan berhubungan langsung dengan pihak yang sedang berperkara di KPK.

Dewan Pengawas KPK menjatuhi hukuman kepada Lili berupa sanksi berupa pemotongan gaji pokok 40 persen selama 12 bulan. Hal ini diputuskan dalam sidang putusan atas dugaan pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar pada hari Senin, 30 Agustus 2021.

Baca jugaProfil Suami Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin yang Ikut Kena OTT KPK

Baca jugaSuami Bupati Probolinggo Ikut Terjaring OTT KPK

“Pelanggaran etik ini kian menggambarkan adanya permasalahan serius, terutama dalam hal menjaga integritas, di antara Komisioner KPK,” tulis ICW dalam keterangannya.

ICW menyoroti kasus Lili sebagai kasus yang terbilang berat. Lili secara sadar memanfaatkan jabatan untuk kepetingan pribadi (keluarga) yang tidak ada hubungan dengan tugas dan kewenangan KPK

Selain itu, tindakan Lili membantu mantan Walikota Tanjung Balai, Syahrial, dengan cara menjalin komunikasi dan memberikan kontak seorang advokat di Medan dinilai sebagai perbuatan koruptif.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi