Heboh Petisi Boikot Saipul Jamil di TV, KPI Akhirnya Angkat Bicara, Begini Katanya!

Rinda Suherlina - Senin, 6 September 2021, 14:00 WIB

Saipul JamilSaipul Jamil/@ saipul_jamil_fc

FIXINDONESIA.COM - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan sikap atas petisi Boikot Saipul Jamil.

Pernyataan ini disampaikan pada 6 September 2021 melalui laman resmi kpi.go.id dan akun Instagram resmi @kpipusat. 

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta seluruh lembaga penyiaran televisi untuk tidak melakukan amplifikasi dan glorifikasi (membesar-besarkan dengan mengulang dan membuat kesan merayakan) tentang pembebasan Saiful Jamil dalam isi siaran," demikian tertulis dalam situs kpi.go.id.

Pernyataan ini sebagai respon kritik publik terhadap tayangan selebrasi pembebasan Saipul Jamil dalam program acara salah satu stasiun televisi.

Baca juga: Muhammadiyah Siapkan 1.000 Dai untuk Menyebarkan Pesan Perdamaian Islam

“Kami berharap seluruh lembaga penyiaran memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yang telah menimpa yang bersangkutan dan sekaligus tidak membuka kembali trauma yang dialami korban,” kata Mulyo Hadi Purnomo selaku Wakil Ketua KPI Pusat.

Mulyo mengingatkan supaya lembaga penyiaran lebih berorientasi pada aspek edukasi dari informasi. Hal ini untuk menghindari potensi anggapan masyarakat atas kasus pencabulan oleh Saipul Jamil sebagai kasus biasa.

Menurut Mulyo, meski hak individu tidak boleh dibatasi, hak publik dan rasa nyaman juga menjadi pertimbangan berat mengingat scope kepentingan dan kesejahteraan masyarakat banyak.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi