Heboh, Menag Yaqut Sampaikan Ucapan Selamat kepada Agama Baha'i

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 27 Juli 2021, 20:40 WIB

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.Heboh, Menag Yaqut Sampaikan Ucapan Selamat kepada Agama Baha'i /Tangkap layar Instagram.com/@gusyaqut

FIXINDONESIA.COM - Baru-baru ini video ucapan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas tengah menjadi sorotan publik. 

Dalam video tersebut Menteri Yaqut mengucapkan selamat merayakan hari raya Naw-Ruz 178 EB untuk masyarakat Baha'i. 

"Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Kepada saudarakau masyarakat Baha'i di mana pun berada, saya mengpucapkan selamat merayakan hari raya Naw-Ruz 178 EB. Suatu hari pembaharuan yang menandakan musim semi spiritual dan jasmani, setelah umat Baha'i menjadikan ibadah puasa selama 19 hari," kata Yaqut dalam video tersebut. 

Baca juga: Hasil Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 Panahan: Penyebab Arif Dwi Pangestu Gagal Dulang Kemenangan

Baca juga: Syarat Naik Pesawat untuk Daerah PPKM Level 1,2,3 dan 4

Ucapan selamat itu menuai banyak pertanyaan, seperti apa itu agama Baha'i, apakah di Indonesia ada masyarakat yang menganut agama Baha'i? 

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Peneliti Utama Puslitbang Kehidupan Keagamaan tahun 2014, Nuhrison M. Nuh menyebutkan, agama Baha'i adalah agama yang independen dan bersifat universal, ia bukan sekte/aliran dari agama lain, termasuk Islam. 

Nuhrison mengatakan, bahwa salah satu temuan dari penelitian adalah tidak ditemukannya fakta tentang keterkaitan antara agama Baha'i dengan agama apapun, termasuk Islam.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: Kemenag

tags
Artikel Rekomendasi