Heboh! Hampir 10 Ribu Mahasiswa Minta Nadiem Makarim Bayar Uang Saku Untuk MBKM

Inggit Anjani Eka Putri | Rinda Suherlina - Jumat, 19 November 2021, 20:00 WIB

Isi Petisi Kampus MerdekaIsi Petisi Kampus Merdeka/Instagram Kampus Merdeka

FIXINDONESIA.COM- Heboh mahasiswa minta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membayarkan uang saku untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebelumnya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ialah, salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Program tersebut bertujuan agar mahasiswa menguasai berbagai bidang keilmuan yang berguna saat terjun kedunia kerja. Lalu MBKM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan diambil.  

Sementara itu, mahasiswa yang mengikuti program MBKM membuat sebuah petisi meminta, agar Nadien Makarim untuk membayarkan uang saku, sedangkan angkatan pertama yang mengikuti program MBKM beredar disosial media.

Baca juga: Heboh! Mahasiswa Ajak Debat Dedi Mulyadi soal Sampah Pasar, Eh Ujungnya...

Baca juga: Rektor PTN, Catat! Dirjen Dikti Izinkan PTN Gunakan Insentif Capaian Indikator Utama untuk Pengembangan SDM Dosen dan Bantu Mahasiswa Bayar Kuliah

Petisi tersebut telah di teken hampir 10 ribu mahasiswa atau tepatnya sebanyak 9.833 mahasiswa, terpantau sejak hari ini pukul 15.00 WIB, Kamis 19 November 2021. Nadiem Makarim disebut- sebut belum membayar uang saku mahasiswa selama 3-4 bulan.

"Salah satu hak yang dijanjikan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini adalah penyediaan uang saku untuk menyokong biaya hidup mahasiswa selama menjalankan program magang tersebut, program pertama kali dijalankan secara resmi sejak tanggal 23 agustus 2021 (Onboarding Nasional) namun, ada juga beberapa mahasiswa yang memulai lebih awal sejak 2 Agustus 2021 tergantung dengan kesepakatan dengan mitra perusahaan mereka bekerja masing-masing, yang berarti rata-rata mahasiswa sudah bekerja 3 - 4 bulan." tulis pencetus petisi yang mengatasnamakan Peserta MBKM MSIB Angkatan ke-1 tersebut.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi