Hati-Hati, Bahaya La Nina Mengintai Indonesia di Akhir Tahun!

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 29 Oktober 2021, 9:11 WIB

Ilustrasi HujanIlustrasi Hati-Hati, Bahaya La Nina Mengintai Indonesia di Akhir Tahun! /Shammil Fachrial Suryapraja/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menjelaskan bahaya La Nina yang mengintai wilayah Indonesia di akhir tahun. 

Menurut Dwikorita La Nina yang diperkirakan terjadi pada akhir 2021 ini bisa mengancam sektor pertanian dan perikanan. Sehinga, pemerintah mesti memberi perhatian lebih di kedua sektor itu.

"Dampaknya akan mengancam ketahanan pangan karena berpotensi merusak tanaman akibat banjir, hama, dan penyakit tanaman, serta juga mengurangi kualitas produk karena tingginya kadar air,” jelasnya. 

Baca juga: Musim Hujan Diprediksi Datang Lebih Awal, BMKG Peringatkan Potensi Bencana di Indonesia

Baca juga: Doa Turun Hujan Lengkap dengan Latin dan Artinya

Lebih lanjut Dwikorita menjelaskan, di sektor perikanan, pasokan ikan akan berkurang drastis akibat nelayan tidak bisa melaut. Walaupun melaut, hasil tangkapannya itu tidak akan maksimal. 

Hal itu disebabkan, kata Dwikorita, oleh tingginya gelombang dan memengaruhi hasil laut di pasaran yang cenderung mahal.

Dwikorita  menerangkan, La Nina adalah fenomena mendinginnya suhu muka laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur hingga melewati batas normalnya.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News | BMKG

tags
Artikel Rekomendasi
terkait