Hari Raya Galungan 10 November 2021, Hari Bermakna Bagi Umat Hindu

Rinda Suherlina - Rabu, 10 November 2021, 9:37 WIB

Hari Raya Galungan 10 November 2021, Hari Bermakna Bagi Umat HinduHari Raya Galungan 10 November 2021, Hari Bermakna Bagi Umat Hindu/Instagram bloodnbonebali

FIXINDONESIA.COM - Pada 10 November bertepatan dengan Hari Raya Galungan. Galungan diperingati oleh umat setiap 6 bulan sekali dalam penanggalan Bali. Hari raya galungan 10 November, hari bermakna bagi umat Hindu. 

Pada kalender Bali, dalam satu bulan terdiri atas 35 hari. Hari Raya Galungan bertepatan pada Rabu kliwon. Hari itu berisilah Budha Kliwon Dungulan yang memiliki arti hari keenangan dharma (kebenaran) atas adharma (kejahatan). 

Hari Galungan bermakna kemenangan dharma (kebenaran) atas adharma (kejahatan). Hari raya Galungan diperingati atas kemenangan Dewa Indra melawan Mayadewana, artinya kebaikan melawan kejahatan. Perayaan Galungan juga diartikan sebagai ungkapan syukur umat Hidup atas karunia yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. 

Baca juga: Hari Pahlawan 10 November 2021, Ini Profil Cut Nyak Dien, Pejuang Wanita yang Ditakuti Belanda!

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021, Kutipan Bijak Bung Tomo hingga Jenderal Sudirman

Hari raya Galungan diperingati karena berkaitan dengan mitologi Hindu Bali. Galungan diperingati pertama kali saat malam bulan purnama  pada tanggal 15 tahun saka 804 atau 882 masehi.

Seperti dikisahkan dalam Lontar Sri Jayakasunu ritual perayaan Gulungan sempat terhenti beberapa tahun. Hal itu mengakibatkan raja – raja yang berkuasa di Bali pada Zaman itu banyak yang wafat ketika usia muda. Saat itu, Pulau Dewata mengalami berbagai bencana. 

Pada zaman pemerintahan Raja Sri Jayakusunu, peringatan hari Gulungan kembali dirayakan. Keputusan itu merupakan hasil semedi yang dilakukan Raja Sri Jayakusunu. Ketika semedi, Raja Sri Jayakusunu mendapat bisikan dari Dewi Durga. 

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi