Hari Pahlawan 2021, Miris! Karena Kritik Ki Hajar Dewantara Diasingkan

Kintan Nurul Wahilda - Rabu, 10 November 2021, 9:55 WIB

Ki Hajar Dewantara, Surat Als Ik Eens Nederlander WasKi Hajar Dewantara, Surat Als Ik Eens Nederlander Was/kemsos.go.id / Twitter @eriksupit

FIXINDONESIA.COM- Hari Pahlawan 2021, miris! karena Kritik Ki Hajar Dewantara diasingkan. Kritik tersebut disampaikan melalui sebuah tulisan kepada pemerintah Hindia Belanda.

Hari Pahlawan 2021 di peringati setiap tanggal 10 November disetiap tahunnya. Hal tersebut merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan.

Hal kecil yang bisa dipetik dari Hari Pahlawan 2021, yaitu belajar mengamalkan upaya dan pengorbanan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Pada 1913 pemerintah Hindia Belanda ingin mengumpulkan sumbangan dari pribumi untuk perayaan kemerdekaan Belanda dari jajahan Prancis. Kesewenangan tersebut menimbulkan reaksi dari kaum nasionalis termasuk krtitik Ki Hajar Dewantara

Baca juga: Hari Pahlawan 2021, Peran Bung Tomo dalam Sejarah Pertempuran 10 November 1945, Pengobar Semangat Lawan Penjajah Inggris

Baca juga: Selamat Hari Pahlawan 2021, Pahlawanku Inspirasiku! Peringati Dengan Ikuti Hening Cipta!

Ia pun menulis kritik yang paling terkenal dengan judul "Seandainya Aku Seorang Belanda" dengan judul asli "Als ik een Nederlander was" yang ia tulis Ketika berumur 24 tahun.

Isi tulisan tersebut dinilai sangat menusuk oleh kalangan pemerintah Hindia Belanda. Berikut simaklah kutipan tulisan kritik  Ki Hajar Dewantara yang terkenal, yakni sebagai berikut.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi