Hari Pahlawan 10 November 2021: Ki Hajar Dewantara, Sang Pahlawan Pendidikan Indonesia

Kintan Nurul Wahilda - Selasa, 9 November 2021, 12:00 WIB

Ki Hajar Dewantara Pahlawan Pendidikan IndonesiaKi Hajar Dewantara Pahlawan Pendidikan Indonesia/kemendikbud

FIXINDONESIA.COM- Pada 10 November 2021 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai pahlawan pendidikan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pahlawan pendidikan revolusioner yang menggerakan pendidikan Indonesia dengan mendirikan sekolah untuk mengajar.

Setelah sebelumnya sempat diasingkan ke Belanda, pahlawan Pendidikan Ki Hajar Dewantara kembali pulang ke Indonesia pada 1919. Kemudian ia segera bergabung dalam sekolah binaan saudaranya. 

Pengalaman mengajarnya ini kemudian digunakannya untuk mengembangkan konsep mengajar bagi sekolah yang ia dirikan pada tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta yang dikenal sebagai Taman Siswa.

Baca juga: Link Twibbon Keren Peringati Hari Pahlawan 10 November 2021, Bikin Semangat Membara

Baca juga: Quotes Keren Sambut Hari Pahlawan 10 November 2021, Bikin Semangat Membara!

Pada waktu pertama kali didirikan, Taman Siswa ini diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", yang berupa realisasi gagasan Ki Hajar Dewantara bersama dengan temannya di paguyuban Sloso Kliwon. 

Sekolah Taman Siswa ini sekarang berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan memiliki sebanyak 129 cabang sekolah di berbagai kota di seluruh tanah air.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi