Hari Pahlawan 10 November 2021, Ini Profil Cut Nyak Dien, Pejuang Wanita yang Ditakuti Belanda!

Inggit Anjani Eka Putri | Rinda Suherlina - Rabu, 10 November 2021, 9:30 WIB

Profil Cut Nyak Dien, Pejuang Wanita yang Ditakuti BelandaProfil Cut Nyak Dien, Pejuang Wanita yang Ditakuti Belanda/Wikipedia

FIXINDONESIA.COM - Cut Nyak Dien lahir di Lampadang, Kerajaan Aceh, tahun 1848. Hingga saat ini belum diketahui dengan jelas tanggal lahir dari Cut Nyak Dien.

Cut Nyak Dien dilahirkan dari keluarga yang taat agama di Aceh Besar dan memiliki latar belakang bangsawan. Ayahnya adalah seorang Uleebalang VI Mukim bernama Teuku Nanta Setia.

Rupanya ayahnya Cut Nyak Dien merupakan keturunan Machmoed Sati, seorang perantau dari Sumatera Barat. Kedatangan Machmoed Sati  dikabarkan datang ke Aceh pada abad ke 18 ketika kesultanan Aceh diperintah oleh Sultan Jamalul Badrul Munir.

Maka dari itu ayahnya Cut Nyak Dien merupakan keturunan Minangkabau. Ibu Cut Nyak Dien juga merupakan putri uleebalang Lampagar. 

Baca juga: Selamat Hari Pahlawan 2021, Pahlawanku Inspirasiku! Peringati Dengan Ikuti Hening Cipta!

Baca juga: Link Twibbon Hari Pahlawan 10 November Besok! Sudah Bikin Belum?

Masa Kecil

Pada masa kecilnya, Cut Nyak Dien adalah anak yang banyak memperoleh pendidikan pada bidang agama, bahkan guru yang mendidiknya pun ialah orang tuanya sendiri dan guru agama.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi