Hari Kesaktian Pancasila, Berikut Ini Daftar 7 Jenderal yang Gugur dalam Peristiwa G30S PKI

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 1 Oktober 2021, 9:20 WIB

Hari Kesaktian Pancasila, Berikut Ini Daftar 7 Jenderal yang Gugur dalam Peristiwa G30S PKIHari Kesaktian Pancasila, Berikut Ini Daftar 7 Jenderal yang Gugur dalam Peristiwa G30S PKI/Kemendikbud

FIXINDONESIA.COM - Hari Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai simbol kemenangan berkat “kesaktian Pancasila” yang mampu menangkal ancaman ideologi lain. 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak bisa digantikan oleh paham apapun.

Sejarah mencatat, Hari Kesaktian Pancasila ini berkaitan erat dengan salah satu momen melepaskan negara Indonesia dari pemberontakan Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal G30SPKI (Partai Komunis Indonesia) yang menewaskan 7 jenderal terbaik di Indonesia.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Inilah Sejarah Singkat Melepas Pemberontakan G30SPKI

Baca juga: 68 Orang Ini Dilantik Jokowi Jadi Duta Pancasila, Siapa Saja?

Peristiwa G30SPKI merupakan peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Dalam berbagai buku sejarah disebutkan, bahwa saat itu ada insiden usaha PKI untuk mengubur ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Ada 7 perwira Angkatan Darat dan sejumlah orang lainnya dibunuh oleh oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta atau perebutan kekuasaan. Sehingga, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto,  tanggal 1 Oktober 1965 ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Baca juga: Pakar Hukum Tata Negara Universitas Jambi Bongkar Alasan Mengapa Hari Lahir Pancasila Ditetapkan 1 Juni

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi