Harga Terbaru Tes Antigen : Gak Sampai 100 Ribu Loh!

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 2 September 2021, 9:36 WIB

AntigenHarga Terbaru Tes Antigen : Gak Sampai 100 Ribu Loh! /Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengumumkan harga terbaru tes antigen

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Prof dr Abdul Kadir menyebutkan penyesuaian batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen menjadi Rp99 ribu untuk di daerah Jawa-Bali.

"Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen diturunkan menjadi Rp99 ribu untuk daerah Jawa dan Bali, serta sebesar Rp109 ribu di luar pulau Jawa dan Bali," kata Abdul Kadir.

Baca juga: Profil Desta, Komedian yang Terlahir dari Orang Tua Beda Agama dan Dipecat dari OVJ

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Ala Dokter Tirta

Lebih lanjut Ia menjelaskan, harga terbaru tes antigen itu telah disesuaikan dari berbagai komponen seperti jasa pelayanan, sumber daya manusia (SDM), reagen, bahan habis pakai, biaya administrasi, dan sebagainya.

"Kami mohon agar semua fasilitas pelayanan kesehatan baik itu rumah sakit, laboratorium dan fasilitas pelayanan kesehatan pemeriksaan lainnya, kiranya dapat memenuhi batasan tarif tertinggi pemeriksaan RDT antigen tersebut," jelasnya. 

Menurut Abdul Kadir, alasan penurunan harga disebabkan semakin banyaknya antigen yang diproduksi di dalam negeri. Kontribusi ini memberikan kesepakatan baru untuk batasan tarif tertinggi

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi