Hampir Selesai, Jakarta-Bandung Bisa Naik Kereta Cepat Mulai Tahun Depan

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 25 Mei 2021, 11:26 WIB

KCICSudah 70%, Jakarta-Bandung Bisa Naik Kereta Cepat Mulai Tahun Depan /@ridwankamil

FIXINDONESIA.COM - Saat ini pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diketahui telah berada pada kisaran 73 persen dari keseluruhan proses pembangunan. Ditargetkan pada akhir 2022 sudah diujicobakan. 

“Tadi dilaporkan pada saya telah selesai 73 persen dan nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi. Diharapkan nanti di akhir 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan, tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional,” ujar Presiden Jokowi saat peninjauan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kepala Negara mengungkapkan besar harapannya agar KCJB ini dapat terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti lintas rel terpadu (LRT) dan moda raya terpadu (MRT) di Jakarta. 

Baca juga: Rincian Gaji PPPK dan Tunjangannya yang Wajib Diketahui Sebelum Ikut Rekrutmen

Baca juga: Resmi Keluar dari Running Man, Ibu Lee Kwang Soo Sampaikan Pesan Manis

Konektivitas antarmoda transportasi tersebut, jelasnya, akan memudahkan para pengguna layanan transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga akan menciptakan daya saing dan efektivitas bagi negara kita.

”Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini juga ada transfer teknologi di mana SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai Surabaya, kesiapan SDM sudah punya pengalaman yang Jakarta-Bandung,” kata Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, rangkaian KCJB tersebut akan bermula dari Stasiun Halim, Jakarta, yang akan berperan sebagai stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan dan berakhir di Stasiun Tegal Luar, Bandung, dengan panjang rute keseluruhan mencapai 142,3 kilometer. 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi