HADUH! 500 Juta Data Pribadi LinkedIn Dijual Hacker

Siti Resa Mutoharoh - Jumat, 16 April 2021, 16:20 WIB

hackerHADUH! 500 Juta Data Pribadi LinkedIn Dijual Hacker/PIXABAY

FIXINDONESIA.COM - 500 juta informasi data pribadi pengguna LinkedIn dijual seorang peretas atau hacker di forum internet. Tak hanya itu, 2 juta sampel data dengan harga sekira 2 dolar AS pun dijual diforum tersebut. 

Pengguna lain dari forum hacker tersebut juga meminta penjualan 827 juta profil LinkedIn pengguna dengan harga sekira 7 ribu dolar AS. 

Tetapi, jumlah materi tersebut melampaui skala pengguna LinkedIn yang diperkirakan sebesar 740 juta orang di seluruh dunia. Hal itu berarti, ada informasi duplikat atau yang sudah sangat ketinggalan zaman.

Baca juga: ASTAGA! 500 Juta Data LinkedIn Bocor dan Dijual? Begini Penjelasannya

Selain 500 juta data pengguna yang dijual oleh peretas sebelumnya, dilansir dari Cyber News, juga terdapat paket data lain yang dilabeli pengguna global dan pengguna Amerika Serikat dengan total sebanyak 327 juta informasi.

Hal itu dilakukan antara lain, peretas mengirim tawaran pekerjaan dengan judul menarik dan file zip dengan hadiah di dalamnya. Ketika pengguna membuka folder, Trojan secara otomatis menginstal ke komputer pengguna. 

Baca juga: Bermasalah dengan Komedo? Gak Perlu Panik, Cukup Pakai Bahan Alami Ini

Berkenaan kebocoran data pengguna ini, pemilik LinkedIn, yakni Microfost mengatakan bahwa perusahaan tidak mengizinkan aktivitas penipuan di mana pun di dalam platform LinkedIn

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: PMJ News | Cybernews

tags
Artikel Rekomendasi