Guru Besar Universitas Indonesia Beberkan Tips Memanfaatkan Bonus Demografi

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 8 Juli 2021, 10:27 WIB

Sri MoertiningsihGuru Besar Universitas Indonesia Beberkan Tips Memanfaatkan Bonus Demografi /UI

FIXINDONESIA.COM - Peluang dari bonus demografi harus bisa dimanfaatkan untuk intervensi pembangunan manusia. Salah satu hal yang dapat dilakukan ialah dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini yakni sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK) atau sejak ibu hamil mengandung anaknya.

Hal itu diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI sekaligus Peneliti Adjunct di Lembaga Demografi FEB UI, Prof. Sri Moertiningsih A. dalam webinar PEBS FEB Universitas Indonesia bersama dengan International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) bertajuk “Menyongsong Indonesia Emas 2045: Peningkatan Kualitas SDM dan Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan”.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan perkembangan kognitif pada anak dimulai ketika 1000 HPK dimulai.

Baca juga: Waduh, Ternyata Gegara Ini Netizen Geram kepada Momo Geisha

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 8 Juli 2021: Aries dan Taurus, Hargai Pasanganmu

Baca juga: Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Ditangkap Polisi karena Narkoba?

Ibu yang sedang mengandung dapat menjaga pemenuhan gizinya dan menjaga pola hidup sehat dengan tidak merokok dan menghindari paparan asap rokok yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Ascobat Gani menegaskan, pembangunan SDM yang berkualitas dapat dilakukan dengan berfokus pada sistem kesehatan yang memerhatikan the current stock human capital (penduduk usia 0 - 20 tahun) dan the future stock human capital (penduduk usia 20 – 55 tahun). 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi