Gujarat India Persiapkan Ini untuk Hadapi Topan Tauktae

Firda Rachmawati - Selasa, 18 Mei 2021, 10:25 WIB

Ilustrasi angin Topan TauktaeIlustrasi angin Topan Tauktae/Pixabay/David Mark

FIXINDONESIA.COM - Negara bagian Gujarat di India telah menyiapkan beberapa hal untuk menghadapi Topan Tauktae yang diprakirakan akan mendapat di wilayah itu.

Sebelumnya, topan 'monster' tersebut telah menewaskan 12 orang dan menghancurkan negara bagian pesisir Kerala, Karnataka, Goa, dan Maharashtra.

Otoritas India telah memindahkan hampir 150.000 orang dari rumah mereka di negara bagian Gujarat ke tempat aman dan menutup pelabuhan serta bandara saat topan paling kuat dalam lebih dari dua dekade melanda pantai barat.

Baca juga: Objek Wisata Pangandaran Kembali Dibuka, Pengunjung Harus Patuhi Ini

“Ini akan menjadi topan paling parah yang melanda Gujarat setidaknya dalam 20 tahun. Ini bisa dibandingkan dengan topan tahun 1998 yang melanda Kandla dan menimbulkan kerusakan parah, ”kata Menteri Pendapatan Negara, Pankaj Kumar.

Topan tahun 1998 menewaskan sedikitnya 4.000 orang dan menyebabkan kerusakan ratusan juta dolar. Topan terbaru akan menambah tekanan pada pemerintah daerah yang sudah berjuang dengan beban kasus Covid yang tinggi.

“Topan ini merupakan pukulan ganda yang mengerikan bagi jutaan orang di India yang keluarganya telah terkena rekor infeksi Covid dan kematian. Banyak keluarga hampir tidak bisa bertahan, ”kata Udaya Regmi, dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Baca juga: 8 Makanan Pembangkit Suasana Hati

Editor: Firda Rachmawati

Sumber: The Guardian

tags
Artikel Rekomendasi