Gratis, Begini Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri

Rinda Suherlina - Jumat, 9 Juli 2021, 18:00 WIB

Ilustrasi: Pemerintah resmi mengonfirmasi dua kasus mutasi virus Covid-19 dengan kode B117, DPR desak pemerintah lakukan langkah preventifIlustrasi virus Covid-19 /Arek Socha/Pixabay

FIXINDONESIA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 platform layanan telemedisin atau telemedicine untuk memantau para pasien yang isolasi mandiri (isoman).

Sebagai permulaan, layanan telemedisin gratis ini berlaku di DKI Jakarta.

Berikut alur layanan telemedisin untuk pasien isolasi mandiri:

1. Tes PCR/Swab Antigen

Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan tes COVID19 ke Kemenkes. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes PCR dari tujuh hari ke belakang atau tes swab antigen positif dari dua hari terakhir.

2. Konsultasi Daring

a. Pasien bisa melakukan konsultasi daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin secara gratis dengan klik tautan atau link yang terdapat dalam WA dari Kemenkes dan memasukkan kode voucher di aplikasi terpilih.

Editor: Rinda Suherlina

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi