GenRe (Generasi Berencana)

Siti Resa Mutoharoh - Senin, 25 Oktober 2021, 11:31 WIB

GenRe (GENERASI BERENCANA)GenRe (Generasi Berencana)/PIXABAY

Oleh: Didah, SST., M.Keb (Dosen Prodi D4 Kebidanan Divisi KIA Departemen IKM FK Unpad)

FIXINDONESIA.COM - Di Indonesia jumlah remaja-mahasiswa sangat besar yaitu sekitar ± 64 juta (27,6% dari jumlah penduduk), besarnya arus globalisasi informasi yang tidak terkendali akan berdampak positif dan negative bagi remaja dan mahasiswa, yang akan mengakibatkan perilaku hidup tidak sehat dan tidak berakhlak yang akan mempengaruhi program KKB dan Kualitas bangsa 10-20 tahun ke depan.

Mengapa Program GenRe diperlukan? yaitu sebagai wadah informasi yang berkaitan dengan penyiapan remaja menyongsong kehidupan berkeluarga yang lebih baik, menyiapkan pribadi yang matang dalam membangun keluarga yag harmonis  serta memantapkan perencanaan.

Program GenRe yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja / mahasiswa sehingga mereka mampu melangsungkan :

Baca juga: Kontrasepsi Ku

Jenjang Pendidikan secara terencana  
Berkarir dalam pekerjaan secara terencana serta
Menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi

Program GenRe bertujuan untuk memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak (healthy and ethical life behaviors) untuk mencapai ketahanan remaja (adolescent resilience) sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana agar menjadi generasi yang punya rencana kehidupan yang matang. GenRe adalah program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan kelompok sasaran program, yaitu :

Baca juga: Mengejar Penurunan Stunting Melalui Perbaikan Gizi dengan Memenuhi Keragaman Pangan Harian

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait