Geger! Seorang Guru di Sukabumi Penglihatannya Buram Usai Vaksinasi Covid-19, Komda KIPI Angkat Suara

Siti Resa Mutoharoh - Selasa, 4 Mei 2021, 22:10 WIB

Ilustrasi Vaksin ShammilIlustrasi Geger! Seorang Guru di Sukabumi Penglihatannya Buram Usai Vaksinasi Covid-19, Komda KIPI Angkat Suara/Shammil Fachrial Suryapraja/FIX Indonesia

FIXINDONESIA.COM - Belum lama ini seorang guru SMA di Kabupaten Sukabumi, SA (31) mengalami penglihatan yang buram usai 12 jam mendapatkan vaksinasi COVID-19. 

Tak berselang lama, anggota geraknya pun melemah sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit di Kabupaten Sukabumi dan mendapatkan perawatan selama 23 hari.

Menanggapi hal itu, Ketua Komite Daerah (Komda) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Jabar Dr Prof Kusnandi Rusmil mengatakan, berdasarkan hasil audit Komnas KIPI 30 April 2021, setelah menjalani perawatan dan rangkaian pemeriksaaan dengan CT Scan torax (dada), darah dan saraf, SA diagnosa GDS.

“Hasil audit Komnas KIPI, SA 31 tahun wanita mengalami keluhan mata buram dan kelemahan  anggota gerak. Mata buram perlahan 12 jam pasca imunisasi, dilakukan rujukan ke RS selama 23 hari dari 1 April 23 April. SA sudah menjalani CT scan torax, darah dan fungsi sarafnya dan didiagnosa GBS,” ungkapnya. 

Baca juga: Kumpulan Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2021/1442 H untuk Dibagikan di Whatsapp, Instagram, Facebook dan Twitter

Baca juga: Marvel Beri Bocoran Penampilan Angelina Jolie dalam Film Eternals

Saat ini, lanjut Kusnandi, kondisi SA sudah membaik. Penglihatanya sudah berangsur membaik, dan minggu depan akan kembali kontrol. 

Kusnandi menegaskan, masih dari hasil audit Komnas KIPI, saat ini belum ditemukan bukti yang kuat mengenai keluhan gejala klinis SA terkait vaksin berdasarkan dari hasil surveilen KIPI dan Kejadian Ikutan dengan Perhatian Khusus (KIPK). 

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terkait