Gawat! NASA Sebut Jakarta Berpotensi Tenggelam Gegara Ini

Siti Resa Mutoharoh - Kamis, 15 Juli 2021, 17:00 WIB

JAKARTAGawat! NASA Sebut Jakarta Berpotensi Tenggelam Gegara Ini /NASA

FIXINDONESIA.COM - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan dengan meningkatnya suhu global dan pencairan lapisan es, banyak kota pesisir menghadapi risiko tenggelam atau banjir yang semakin besar akibat kenaikan permukaan laut. 

Namun, hanya sedikit tempat yang menghadapi potensi itu salah satunya daerah dengan penduduk 32 juta orang di Jakarta, Indonesia. 

Banjir telah menjadi masalah karena Jakarta terletak di sepanjang beberapa sungai dataran rendah yang meluap selama musim hujan. Dalam beberapa dekade terakhir, masalah banjir semakin memburuk, sebagian didorong oleh pemompaan air tanah secara luas yang menyebabkan tanah tenggelam, atau surut, dengan kecepatan tinggi. 

Baca jugaMengenal Fenomena Aphelion yang Terjadi Setahun Sekali: Posisi Matahari Ada di Titik Terjauh dari Bumi

Baca jugaBerikut Ini Alur Layanan Telemedicine Terbaru untuk Pasien Isoman

Menurut beberapa penelitian, sebanyak 40 persen kota sekarang berada di bawah permukaan laut.

"Dengan rata-rata permukaan laut global yang naik sebesar 3,3 milimeter per tahun, dan di tengah tanda-tanda bahwa badai hujan semakin intens saat atmosfer memanas, banjir yang merusak telah menjadi hal biasa," dilansir dari keterangan resmi NASA, Kamis 15 Juli 2021. 

Sejak tahun 1990, banjir besar telah terjadi setiap beberapa tahun di Jakarta, dengan puluhan ribu orang sering mengungsi. Musim hujan pada tahun 2007 membawa banjir yang sangat merusak, dengan lebih dari 70 persen kota terendam.

Editor: Siti Resa Mutoharoh

Sumber: NASA

tags
Artikel Rekomendasi