Ganjar Ganjarist dan Peluang Ganjar dalam Pilpres 2024

Firda Rachmawati - Kamis, 3 Juni 2021, 11:05 WIB

Nyarwi AhmadNyarwi Ahmad/ips.or.id

Oleh:

Nyarwi Ahmad
Dosen komunikasi Fisipol UGM

FIXINDONESIA.COM - Terkait dengan fenomena Ganjarist, ada empat hal yang bisa kita baca dibalik fenomena tersebut. Pertama, arus dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk ikut memasuki gelanggang Pilpres 2024 kian menguat dan nyata. 

Satu sisi, fenomena ini kian menegaskan bahwa dukungan publik pada sosok Ganjar tidak hanya muncul dari kalangan pemilih biasa, sebagaimana yang sering dipotret dan disampaikan oleh sejumlah lembaga survey. 

Namun dukungan tersebut juga dating dari kelompok masyarakat kelas menengah yang sangat potensial untuk transformasi menjadi relawan organik. Dan bukan tidak mungkin, kelompok-kelompok relawan semacam ini akan terus bermunculan pada beberapa bulan mendatang. 

Baca juga: KPI: Jika Ada Pasal yang Dilanggar, Sinetron Suara Hati Istri Zahra Akan Dihentikan

Kendatipun Pilpres masih sekitar tiga tahun mendatang, trend ini tentu bukan hal yang baru. Hal yang sama juga pernah kita saksikan dalam fase kemunculan Jokowi, sebagai sosok Capres 2014 lalu. 

Kedua, para relawan ini ketika mendeklarasikan diri mereka sebagai Ganjarist. Mereka juga menegaskan diri mereka sebagai Ganjar Fansclub. Ini menunjukkan bahwa Ganjar, sebagai politisi, secara personal memiliki daya magnetis electoral yang cukup kuat dan dipandang sebagai Capres potensial untuk maju dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

Editor: Firda Rachmawati

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi